Struktur Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan manusia terdiri dari bagian hidung, faring, laring, trakea, bronkus dan paru-paru. Hal ini bertanggung jawab untuk proses respirasi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Respirasi adalah proses mendapatkan dan menggunakan oksigen, sementara menghilangkan karbon dioksida. Ini adalah proses dimana manusia mengambil oksigen dari lingkungan mereka dan memberikan karbon dioksida yang dihasilkan sebagai hasil dari reaksi kimia dalam sel. Sistem khusus yang membawa tentang proses kritis respirasi pada manusia dikenal sebagai sistem pernapasan manusia. Mari kita lihat struktur sistem penting dari tubuh manusia.

Sistem pernafasan pada manusia dapat dibagi ke dalam saluran pernapasan bagian atas yang terdiri dari hidung bagian, faring dan laring dan saluran pernapasan bagian bawah yang terdiri dari trakea, bronkus primer dan paru-paru.

Hidung: Air masuk dari lubang hidung yang menyebabkan hidung. Rongga hidung yang terletak di belakang hidung terdiri dari bagian hidung yang merupakan bagian penting dari sistem pernafasan pada manusia. Rongga hidung bertanggung jawab untuk pengkondisian udara yang diterima oleh hidung. Proses pengkondisian melibatkan pemanasan atau pendinginan udara diterima oleh hidung, menghilangkan partikel debu dari itu dan juga melembabkan itu, sebelum memasuki faring.


Faring: terletak di belakang rongga hidung dan di atas laring. Ini juga merupakan bagian dari sistem pencernaan tubuh manusia. Makanan serta udara melewati faring.

Laring: Hal ini terkait dengan produksi suara. Ini terdiri dari dua pasang membran. Air menyebabkan pita suara bergetar, sehingga menghasilkan suara. Laring terletak di leher mamalia dan memainkan peran penting dalam perlindungan trakea.

Trakea: Istilah ini mengacu pada jalan napas melalui udara pernapasan perjalanan. Cincin tulang rawan di dalam tembok menjaga trakea terbuka.

Bronkus: Trakea dibagi menjadi dua bronkus utama. Bronkus meluas ke paru-paru menyebar dengan cara seperti pohon sebagai tabung bronkial. The bronkial tabung membagi dan dengan setiap subdivisi, dinding mereka mendapatkan lebih tipis. Ini membagi pada bronkus menjadi hasil tabung berdinding tipis dalam pembentukan bronkiolus. Bronkiolus berakhir pada ruang udara kecil, masing-masing berisi rongga yang dikenal sebagai alveoli. Alveoli memiliki dinding tipis, yang membentuk permukaan pernapasan. Pertukaran gas antara darah dan udara terjadi melalui dinding ini.

Paru-paru: paru-paru membentuk komponen yang paling penting dari sistem pernapasan manusia. Mereka berada pada dua sisi jantung. Mereka bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari atmosfer ke dalam darah dan melepaskan karbondioksida dari darah ke atmosfer.

0 comments: