Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Struktur dan Fungsi Kloroplas

Kita mungkin tidak menyadari jumlah organel sel yang membentuk sel, kecuali jika Anda adalah seorang mahasiswa biologi, tentu saja. Tapi saya kira sebagian besar dari kita akrab dengan istilah 'sel', sel biologis yang mengatur metabolisme tubuh dengan cara yang membantu kelancaran fungsi. Sekarang, seperti pada sel hewan, sama halnya untuk sel tanaman, dimana sel-sel mengatur metabolisme tanaman, aliran nutrisi (makanan dan air), produksi karbohidrat, dll Yang membedakan struktur fungsi sel tumbuhan dari sel hewan adalah organel hadir aneh di bekas, kloroplas.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tanaman tampak hijau dalam warna? Jika Anda tahu, maka Anda harus mengetahui alasan juga, namun, bagi mereka yang bertanya-tanya, hal ini terutama karena klorofil pigmen hadir dalam sel yang berwarna hijau. Menurut hukum fisika, ketika sinar matahari jatuh pada daun, mereka menyerap semua warna cahaya dari spektrum yang terlihat dan merefleksikan warna hijau saja karena yang mereka tampak hijau. Sekarang, ini berlaku untuk hampir semua tanaman, namun ada beberapa tanaman yang memiliki pigmen lain dan tampaknya itu warna tertentu.


Ketika saya mengatakan bahwa tanaman menyerap cahaya, istilah lain relatif datang ke dalam gambar, yaitu fotosintesis. Ini adalah proses yang unik yang berlangsung dalam sel tanaman saja. Ini melibatkan penyerapan cahaya dan karbon dioksida untuk membuat makanan yang berupa karbohidrat kompleks seperti glukosa.

Struktur Kloroplas

Jika Anda kebetulan untuk memeriksa anatomi sel tumbuhan di bawah mikroskop, Anda akan melihat sejumlah kloroplas tersebar di sana-sini dalam sel. Kloroplas yang oval, dari ukuran 2 sampai 10 mikrometer diameter, dan 1 mikrometer tebal dan dibatasi oleh membran sel, membran luar sel dan membran sel dalam. Ruang antara kedua disebut ruang antar membran dan membantu memberikan bentuk yang pasti untuk organel tersebut. Struktur batin cukup kompleks dan sebagian besar terdiri dari dua bagian, stroma dan grana tersebut. Stroma adalah hadir cairan berair dengan kloroplas, sebanding dengan sitosol sel. Ini adalah situs utama dimana reaksi gelap fotosintesis terjadi. Grana, di sisi lain, yang hadir dalam bentuk tilakoid diatur dalam bundel dan muncul sebagai cakram di bawah mikroskop. Ini terhubung satu sama lain dengan bantuan lamellae intergranal. Ini adalah situs utama untuk reaksi terang fotosintesis. Mari kita lihat bagaimana fungsi tersebut.

Fungsi Kloroplas

Seperti yang saya sebutkan, fungsi kloroplas berhubungan dengan fotosintesis. The tilakoid yang terdiri dari sistem foto, klorofil dan pigmen aksesori yang menyerap cahaya yang dihasilkan dalam transfer elektron untuk membentuk faktor co yang kompleks seperti NADP (Nikotin Amida dinukleotida fosfat) dan ATP (Adenosin trifosfat) yang menyediakan molekul energi. Hal ini diikuti dengan reaksi gelap dimana fiksasi karbon dan pembentukan karbohidrat berlangsung menggunakan ATP dan NADP. Reaksi ini terjadi dalam stroma dan disebut sebagai siklus Calvin, setelah penemu.
0 Komentar untuk "Struktur dan Fungsi Kloroplas"
Back To Top -->