Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Fakta Mengenai pasir dolar

Pandangan sekilas pada dasar laut berpasir dapat membuat Anda merasa bahwa itu benar-benar tandus - tanpa kehidupan, tetapi melihat lebih dekat dan Anda akan melihat gerakan samar disket kecil di sekitar tempat. Ratusan makhluk kecil yang Anda lihat bergerak hanyalah pasir dolar - sebuah spesies menggali landak laut biasanya ditandai dengan penampilan mereka diratakan dari mana mereka terjadi untuk mendapatkan nama mereka. Tidak banyak orang yang menyadari keberadaan dasar makhluk ini, lupakan menyadari fakta yang membuat mereka begitu menarik. Ketidaktahuan kita tentang spesies dapat dikaitkan dengan fakta bahwa mereka jarang usaha ke arah pantai dan satu-satunya waktu orang awam adalah untuk bersentuhan langsung dengan mereka adalah ketika beberapa pasir dolar mati terdampar.

Fakta Menarik pasir Dollar


The pasir dolar milik Clypeasteroida urutan keluarga Echinodermata di Kingdom Animalia. Jangka hidup dari pasir dolar berkisar antara delapan sampai sepuluh tahun. Umurnya dapat ditentukan dengan menghitung cincin pertumbuhan pada piring exoskeleton nya.


Etimologi

Pasir dolar (kadang-kadang ditulis sebagai pasir dolar) juga disebut sebagai 'kue pasir' dan 'kue landak' karena bentuknya yang aneh mereka. Nama 'pasir dolar' tersebut diberikan untuk terdampar tes - tudung keras landak laut, yang sering terlihat terdampar di pantai. Selama periode tersebut, tes ini menjadi putih akibat yang terus menerus terkena sinar matahari. Ini memberi mereka penampilan yang menyerupai Dolar Amerika sampai batas yang signifikan, dan karenanya mereka dikenal sebagai pasir dolar.

Habitat

Pasir dolar ditemukan di dasar laut, dimana permukaan berpasir atau berlumpur dan memfasilitasi penetrasi mudah bagi para menggali landak laut. Mereka ditemukan di bawah tingkat surut pada kedalaman 5.000 kaki - di mana penetrasi sinar matahari minimal. Hewan-hewan laut menggunakan duri yang terletak di tubuh mereka untuk menggali di daerah-daerah berpasir atau berlumpur. Distribusi geografis spesies dolar pasir yang paling sering ditelusuri ke lantai laut zona beriklim sedang dan tropis.

Penampilan

Fakta bahwa dolar pasir umumnya cenderung menghuni lautan dalam berarti Anda cenderung untuk menemukan individu yang hidup. Jika sama sekali Anda menemukan pasir dolar hidup, Anda akan melihat bahwa makhluk-makhluk berwarna-warni memiliki lentur shell setengah - yang dikenal sebagai tes, menutupi tubuh kecil mereka. Biasanya mereka adalah 2 sampai 4 inci dalam ukuran dan ditutupi dengan banyak duri pendek. Di bawah shell terletak lima set pori-pori - karakteristik echinoderm khas, yang membantu makhluk-makhluk ini untuk bergerak di dasar laut.

Anatomi

Seperti telah disebutkan di atas, pasir dolar biasanya ditandai dengan simetri lima kali lipat radial mereka dengan berbagai echinodermata lainnya. Simetri bilateral sekunder membedakannya dari spesies lain dari bulu babi yang didefinisikan dalam biologi kelautan. Meskipun mulut mereka terletak di bagian bawah, makhluk ini tidak mendorong perut mereka keluar untuk makan seperti spesies bintang laut lakukan, melainkan menggunakan kaki tabung mereka (yang juga terletak di bagian bawah) untuk membawa makanan ke mulut mereka. Mulut mereka memiliki bagian-bagian gigi seperti yang digunakan untuk menggiling makanan yang mereka makan. Biasanya, dibutuhkan pasir dolar sekitar dua hari untuk mencerna makanan.

Mekanisme pertahanan pasir dolar adalah salah satu atribut yang bisa menarik perhatian mereka. Ketika terancam oleh predator (yang meliputi sheepsheads, bintang laut merah muda, dll), mereka bersembunyi di pasir secara berurutan dan tanaman hanya ketika bahaya mengintai hilang.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Fakta Mengenai pasir dolar"
Back To Top -->