Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Diagram Rantai Makanan di Laut

Dalam rangka untuk memahami rantai makanan laut, penting untuk terlebih dahulu memahami apa rantai makanan. Dalam istilah sederhana, rantai makanan adalah representasi dari hubungan antara produsen dan konsumen, memangsa dan predator dalam suatu ekosistem. Setiap rantai makanan akan memiliki tingkat produsen terendah utama yang bertanggung jawab dan mampu menghasilkan makanan mereka sendiri. Seperti yang dapat Anda lihat dari diagram disediakan dengan artikel ini, hal ini berlaku untuk semua ekosistem. Ini produsen primer menggunakan energi surya dari matahari untuk menghasilkan energi (umumnya dalam bentuk glukosa) dengan proses fotosintesis. Ketika produsen primer atau autotrof dimakan oleh heterotrof, energi yang dimiliki mantan ditransfer ke kedua. Ini adalah cara dasar di mana transfer energi berlangsung di bioma laut. Mari kita menggali ke laut ini untuk informasi lebih lanjut tentang oceanologi dan rantai makanan laut.


Samudera Ekosistem Rantai Makanan


Kebanyakan rantai makanan tidak representasi akurat dari transfer makanan atau energi yang terjadi di alam karena mereka terang-terangan sederhana. Tidak ada konsumen feed hanya pada satu spesies. Pokok bagi konsumen yang berbeda terbuat dari tanaman yang berbeda dan spesies hewan dan rantai makanan yang sederhana tidak pernah bisa akurat menentukan ini hubungan produsen-konsumen. Sebuah web yang menampilkan makanan rantai makanan saling berbeda adalah representasi yang lebih akurat dari aliran energi makanan dari satu organisme ke yang berikutnya. Jika Anda mengacu pada diagram rantai makanan, Anda akan melihat bahwa organisme yang merupakan bagian dari jaring makanan dikelompokkan pada tingkat trofik yang berbeda tergantung di mana mereka berdiri dalam hubungan produsen-konsumen. Jadi mungkin ada beberapa spesies pada satu tingkat trofik yang predator dan memangsa untuk hewan yang sama. Sebuah rantai makanan sederhana dari bioma laut akan terdiri dari fitoplankton, zooplanktons, konsumen utama, dan konsumen tersier. Hal ini terbukti dalam diagram diberikan dengan artikel ini. Bioma laut adalah yang terbesar di dunia sehingga berpengaruh terhadap jaring makanan yang rumit. Diberikan di bawah ini adalah diagram dari web makanan sederhana dan penjelasan dari rantai makanan laut. Klik pada gambar jika Anda ingin mencetaknya.

Catatan: Dalam diagram ini, kita mulai di tingkat paling bawah dari rantai makanan dengan memangsa dan titik panah menuju predator pada setiap tingkat.



Tropik level terendah dari rantai makanan laut akan terdiri dari produsen primer yang dalam kasus bioma laut akan fitoplankton. Fitoplankton yang bersel tunggal tanaman bioma laut, yang hidup di lapisan permukaan laut dan menggunakan energi dari matahari untuk menghasilkan karbohidrat. Mereka melakukan ini dengan mengubah karbon dioksida dan nutrisi lain yang menggunakan energi surya. Sembilan puluh lima persen dari seluruh energi pangan pada tingkat tropik ini berasal dari fitoplankton. Seperti yang terlihat dari diagram, tingkat berikutnya terdiri zooplanktons seperti udang, ubur-ubur, moluska, dll yang semua bertahan hidup pada fitoplankton. Dalam beberapa kasus, zooplanktons lebih besar dapat memakan zooplanktons kecil. Ini adalah alasan mengapa rantai makanan mencerminkan transfer energi dalam bioma makanan mungkin tidak selalu akurat karena pertukaran konsumen dan produsen.

Tingkat trofik berikutnya terdiri dari hewan laut seperti ikan kecil dan krustasea, seperti ikan sarden, herring, kepiting, dan lobster. Konsumen ini memakan zooplanktons dan pada gilirannya dimakan oleh tingkat berikutnya konsumen bioma laut yang tercermin diagram. Ini mungkin termasuk konsumen ikan pedang, tuna, gurita, dll tingkat trofik terakhir terdiri dari predator atau konsumen tersier termasuk ikan paus, hiu, dll

Samudra diagram rantai makanan yang diberikan dalam artikel ini hanya goresan permukaan kegiatan rantai makanan laut. Jaringan makanan dari bioma laut adalah cara yang terlalu rumit akan tercermin secara rinci oleh rantai makanan atau jaring makanan di sini. Ini adalah cara sederhana untuk memahami bagaimana transfer energi terjadi dalam sistem kelautan dan merupakan cara yang bagus untuk menjelaskan biologi kelautan dan rantai makanan laut untuk anak-anak.
Tag : zoologi
0 Komentar untuk "Diagram Rantai Makanan di Laut"
Back To Top -->