Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cara Kerja Hidung Mencium Bau

Bagaimana Anda bisa mencium bau mawar? Bagaimana Anda bisa membedakan antara dua bau? Jika Anda tidak tahu jawabannya, Anda lebih baik membaca.

Indera penciuman adalah salah satu indera yang paling kuat yang kita miliki, karena memungkinkan kita untuk membedakan antara beberapa ratus bau. Ini indra penciuman disebut sebagai penciuman. Penciuman sering dikaitkan dengan memori. Otak Anda dapat mengaitkan antara obyek dan kebauan. Itulah cara Anda ingat 'bau dan juga dapat membedakan mereka dari satu sama lain. Misalnya, ketika Anda mencium cologne bahwa pasangan Anda menggunakan, jangan Anda mulai berpikir tentang dia?


Bagaimana Hidung bisa mencium?

Ada ribuan bau yang berbeda di dunia. Ada mekanisme dalam tubuh manusia yang kita dapat membedakan antara bau-bauan tersebut. Sebelum saya mulai dengan mekanisme, saya akan memberitahu Anda beberapa hal tentang struktur internal hidung manusia, yang akan membantu Anda memahami mekanisme di balik indera penciuman.

Terdalam bagian hidung mengandung neuron khusus. Mereka disebut neuron reseptor penciuman. Mereka bisa datang dalam kontak langsung dengan udara. Neuron ini memiliki silia, yang meningkatkan luas permukaan mereka. Silia adalah proyeksi mirip dengan rambut. Silia dikelilingi oleh lapisan lendir. Reseptor penciuman yang terhubung ke olfactory bulb, yang terhubung ke korteks orbitofrontal.

Sekarang mari kita ambil sebuah contoh untuk memahami bagaimana rasa manusia karya bau. Pertimbangkan Anda memiliki pisang di meja Anda. Molekul-molekul volatil dari permukaan pisang bisa disebarkan di udara. Molekul-molekul ini juga disebut molekul bau. Udara ini mencapai hidung Anda saat Anda menarik napas. Molekul-molekul bau dalam campuran udara dengan lendir dan datang dalam kontak dengan silia. Hal ini memicu neuron reseptor penciuman, yang pada gilirannya mengirim sinyal ke olfactory bulb. The olfactory bulb mengirimkan impuls ini ke korteks orbitofrontal (OFC). OFC ini menganalisis pola impuls dan mengidentifikasi zat yang molekul telah menyerang silia. Informasi ini kemudian diteruskan ke otak. Ini adalah bagaimana Anda mengidentifikasi zat dengan bau itu.

Bau yang enak dan bau yang tidak enak

Ada beberapa bau yang Anda sukai sementara ada orang lain yang jijik Anda. Parfum Anda bau baik sementara bangkai binatang bau mengerikan. Kita sering mengklasifikasikan bau sebagai baik atau buruk, tapi ilmiah berbicara, tidak ada perbedaan antara bau dalam hal baik dan buruk. Reseptor penciuman dan pekerjaan OFC dengan cara yang sama terlepas dari substansi yang berbau.

Bagaimana Kita Membedakan antara bau?

Jika kerja dari reseptor dan OFC tidak berbeda untuk setiap zat, lalu bagaimana kita bisa membedakan antara bau zat yang berbeda? Jawabannya sederhana. Hal ini diyakini bahwa ada sejumlah besar neuron reseptor penciuman, masing-masing dikodekan dengan gen. Setiap gen sesuai dengan bau tertentu. Dan itulah bagaimana Anda dapat membedakan antara beberapa bau. Jadi, ketika Anda dapat mencium sesuatu, itu karena Anda memiliki gen untuk itu.

Anda mungkin telah menemukan orang-orang yang tidak bisa mencium hal-hal tertentu. Ini karena, gen yang sesuai dengan bau spesifik hilang atau rusak dalam individu-individu. The berbau rasa juga tergantung pada saraf penciuman yang melaksanakan transmisi sinyal. Kemampuan untuk penciuman juga dapat terhambat jika ada kerusakan saraf ini. Kerusakan terjadi dalam kasus kecelakaan atau infeksi saluran pernapasan. Kehilangan indera penciuman disebut anosmia. Kabar baiknya adalah bahwa anosmia dapat disembuhkan. Memulihkan dari anosmia dimungkinkan karena indera penciuman adalah regeneratif, yang berarti bahwa saraf penciuman dapat tumbuh kembali lagi ke reseptor yang sesuai. Para ilmuwan percaya bahwa sel-sel reseptor memiliki umur 3 minggu. Setelah sel-sel mati, sel-sel reseptor baru menggantikan mereka. Tingkat regenerasi sel-sel reseptor dapat memperlambat setelah usia 45, sehingga menghambat rasa berbau seseorang.

Apakah Anda Tahu?

Reseptor cenderung mengurangi intensitas rangsangan. Hal ini berguna ketika kita mengalami bau busuk yang menyebabkan jijik kami. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kation kalsium bertanggung jawab atas penurunan ini intensitas rangsangan.
Para peneliti juga percaya bahwa orang memiliki lubang hidung yang dominan, baik kiri atau kanan, mirip dengan dominasi satu tangan di atas yang lain. Ya, bau lebih baik merasakan melalui lubang hidung dominan seseorang.
Beberapa peneliti juga berkorelasi jumlah reseptor penciuman dengan ukuran olfactory bulb. Mereka mengatakan, ukuran lebih besar, lebih baik adalah akal berbau Anda.
Setiap substansi tanpa molekul-molekul volatil tidak dapat mencium. Itulah mengapa Anda tidak bisa mencium bau emas atau baja.
Anda dapat membedakan antara beberapa ratus bau. Tersebut adalah kapasitas sistem penciuman manusia.
Kadang-kadang Anda menemukan bau yang hanya Anda dapat mencium. Bau seperti itu, yang hanya Anda bisa merasakan dan sebagian besar tidak menyenangkan, disebut bau hantu. Phantosmia adalah suatu kondisi dimana suatu indra individu bau tertentu bahkan ketika tidak ada stimulus menghasilkan itu. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada lobus temporal seseorang.
Meskipun manusia bisa membedakan antara beberapa ratus bau, rasa berbau mereka tidak sebagai akut seperti yang di hewan lain.
Penciuman adalah salah satu indera yang paling menakjubkan di manusia. Menariknya, hal itu berkaitan dengan rasa rasa dan terkait erat dengan memori. Anda merasakan bau, Anda ingat mereka, dan dapat membedakan antara ratusan dari mereka. Tapi kau tahu sesuatu? Anda tidak bisa mencium segala sesuatu di sekitar Anda. Ya, Anda mungkin dapat mengidentifikasi seratus aroma yang berbeda, tetapi ada seribu orang yang sistem penciuman Anda tidak bisa merasakan.
0 Komentar untuk "Cara Kerja Hidung Mencium Bau"
Back To Top -->