Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Asam klorida dalam Lambung

Asam klorida merupakan komponen penting yang membantu dalam proses pencernaan. Di bawah ini adalah rincian mengenai tingkat normal asam klorida dalam lambung, selain itu akan dibahasng juga tenta apa yang terjadi ketika kandungannya banyak atau sedikit pda sekresi asam lambung ini.

Lambung merupakan organ penting pada sistem pencernaan. Lambung adalah organ yang bertanggung jawab untuk mencerna makanan yang dibawa dari mulut ke lambung melalui kerongkongan. Enzim-enzim yang terdapat di lambung yang mencerna makanan membutuhkan pH asam agar dapat berfungsi dengan baik. Di sinilah asam klorida datang berpengaruh. Fungsi utama asam klorida dalam lambung adalah untuk memberikan pH optimum agar enzim yang berada disana dapat berfungsi dengan normal. Sebagai contoh, asam klorida membantu mengubah pepsinogen menjadi pepsin yang bertanggung jawab untuk memecah protein dalam lambung.


Bagaimana Mencegah masalah pada Lambung Sendiri?

Apakah Anda tahu bahwa konsentrasi pH asam klorida dalam lambung serendah 1 sampai 2? PH ini cukup rendah untuk melelehkan logam padat! Jadi bagaimana lambung melindungi diri dari pencernaan diri? Nah, lambung melindungi diri dari asam kuat karena ada sekresi lendir lapisan pelindung tebal yang mencegah asam dari merugikan sel-sel lambung. Selanjutnya, natrium bikarbonat penyangga membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel lambung.

Asam klorida rendah

Seperti disebutkan sebelumnya, asam klorida dalam lambung memiliki banyak fungsi penting, dan dengan demikian, ketika terjadi penurunan sekresi, itu menyebabkan banyak masalah. Penurunan produksi asam klorida dikenal sebagai hypochlorhydria, sedangkan tidak adanya lengkap asam klorida dikenal achlorhydria a. Ini penurunan produksi asam klorida dapat terjadi karena kekurangan vitamin dan nutrisi. Ada banyak gejala asam klorida rendah dalam lambung,  seperti tinja berbau ofensif (karena adanya makanan yang tidak tercerna), tertunda pengosongan lambung, kembung lambung bagian atas dan lambung embung umum, mengantuk setelah makan, rasa lapar sering, dll Selain itu, penurunan kadar asam lambung juga menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi pada saluran pencernaan, seperti asam klorida juga milik menjadi desinfektan. Dengan demikian, semua gejala ini menunjuk ke arah penurunan sekresi dan produksi asam klorida dalam lambung. Perawatan untuk hypochlorhydria atau achlorhydria melibatkan termasuk makanan yang baik akan membantu dalam proses pencernaan atau akan merangsang produksi asam klorida dalam lambung. Makanan ini termasuk cabe rawit, cuka, suplemen enzim pencernaan, dll

Asam klorida Terlalu Banyak

Jumlah kelebihan asam klorida dalam lambung dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Kondisi ini muncul pada penyakit tertentu seperti sindrom Zollinger-Ellison dan hiperkalsemia. Kelebihan asam lambung terjadi ketika ada peningkatan kadar gastrin, yang bertanggung jawab untuk menghasut sel menjadi mensekresi asam lambung lebih. Kondisi ini menyebabkan gejala seperti sakit lambung dan bisul lambung  Selain itu, gejala asam lambung lainnya termasuk rasa sakit di lambung karena adanya asam yang berlebihan, yang membuat orang kehilangan nafsu makan nya. Makan makanan pedas juga lebih memperburuk rasa sakit dalam kasus tersebut. Untuk bantuan asam lambung, pengobatan adalah untuk mengambil antasid, baik dalam bentuk larutan atau obat-obatan dan obat-obatan. Namun, untuk kasus di mana ada terus-menerus atas sekresi asam klorida, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan kondisi didiagnosis dan diobati dengan benar.

Meskipun sangat jarang bahwa ada masalah yang berkaitan dengan kadar sekresi asam, jika mereka terjadi, yang terbaik adalah untuk mengunjungi dokter dan mendapatkan kondisi diobati sejak awal, sehingga dapat mencegah komplikasi lebih lanjut.

0 Komentar untuk "Asam klorida dalam Lambung"
Back To Top