Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Praktikum Biologi


Praktikum adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menunjang materi yang telah disampaikan didalam kelas. Biologi adalah sebuah kajian ilmu ilimiah mengenai mahluk hidup. Jadi, dapat disimpulkan bahwa praktikum biologi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menunjang materi Biologi yang disampaikan guru dikelas, agar pemahaman siswa tentang Biologi menjadi lebih baik.

praktikum biologi


Praktikum Biologi bisa dilakukan di alam (di luar laboratorium) atau didalam laboratorium. Praktikum biologi yang dilakukan diluar laboratorium biasanya tidak memerlukan perlakuan khusus, misalnya praktikum Biologi tentang keanekaragaman burung jadi kita dapat mengamati keanekaragaman burung di alam bebas, biasanya menggunakan alat bantuan berupa binokuler.

Lain halnya dengan praktikum yang dilakukan didalam laboratorium. Selain membutuhkan perlakuan khusus, praktikum yang dilakukan didalam laboratorium juga memerlukan alat-alat tertentu, misalnya: mikroskop, gelas ukur, tabung reaksi, alat bedah dan lain-lain. Jenis praktikum yang dilakukan didalam laboratorium biasanya dilakukan karena objek yang diamati berukuran mikroskopis. Berukuran mikroskopis artinya ukuran dari objek yang ingin kita amati sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat hanya menggunakan mata telanjang saja.

Pengalaman Praktikum Biologi

Saya sendiri pernah mengalami pengalaman yang kurang baik ketika praktikum biologi. Saya pernah menjatuhkan kaca objek, hal tersebut mungkin terjadi karena sifat saya ceroboh. Tidak lama setelah itu, ketika saya hendak mengamati objek yang ada pada kaca objek lain saya memecahkannya sekali lagi karena terlalu keras saat menjepitnya.

Yap, itulah pengalaman buruk saya ketika mengikuti praktikum Biologi, jika anda memliki pengalaamn menarik lainnya anda bisa mensharenya pada kolom komentar ayang ada dibawah.


Oya, berdasarkan pada pengalaman buruk saya diatas maka saya sarankan kepada anda yang akan mengikuti praktikum biologi untuk berhati-hati ketika melakukan praktikum di laboratorium, terutama terhadap alat-alat laboratorium yang terbuat dari kaca karena mudah pecah. Tapi jangan terlalu takut memecahkan barang, karena hal itu hanya akan memabatasi anda untuk berkreatifitas didalam laboratorium.

Sekian untuk posting mengenai praktikum biologi
0 Komentar untuk "Praktikum Biologi"
Back To Top -->