Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cara Mencari Jurnal Ilmiah Biologi Gratis


Anda senang dengan segala hal yang gratis? Yap, begitu juga dengan saya dan mungkin semua orang yang hidup di negeri ini. Lalu bagaimana dengan jurnal ilmiah? Bisa kah kita mendapatkannya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun? Bisakah kita mencari jurnal ilmiah gratis? Anda akan mendapatkan jawabannya setelah membaca artikel ini.
jurnal biologi gratis


Kata gratis sangatlah umum, missal kita dapat mendowload mp3 secara gratis di internet dengan mudah. Namun pernahkah tersirat dibenak anda bahwa anda menggunakan computer di warnet yang berbayar untuk mendowload mp3 tersebut, atau anda menggunakan komputer pribadi yang anda beli dan anda juga membayar provider penyedia layanan internet agar dapat terhubung ke internet.


Lain halnya jika anda mendowload lagu tersebut dengan menggunakan fasilitas computer sekolah yang gratis atau dengan menggunakan leptop teman yang anda pinjam. Jadi, sesuatu yang gratis tidak selamanya full gratis, selalu harus ada bentuk pengorbanan dalam bentuk apapun. Misalnya jika anda mendowload music di warnet maka bentuk pengorbanannya adalah berupa uang, jika anda mendownload menggunakan leptop teman maka bentuk pengorbanannya adalah anda harus memiliki memotong urat malu atau setidaknya anda harus dekat terlebih dahulu dengan teman anda tersebut.

Yap, back to topic about cara mencar jurnal ilmiah biologi gratis. Sebenarnya caranya mudah saja, kita hanya perlu mengunjungi search engine dan menuliskan kata kunci tentang jurnal yang kita cari. Tapi ternyata tidak semua orang dapat menggunakan fasilitas search engine dengan maksimal, sehingga mereka sering sekali tidak mendapatkan apa yang mereka cari.
Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa cara untuk mencari jurnal ilmiah Biologi secar gratis, cara yang saya berikan ini sangat berkaitan dengan optimalisasi penggunaan search engine. Search engine yang kita gunakan adalah Google dan agar lebih mudah maka kita menggunakan Google Scholar atau google cendikia, Klik disini untuk mengunjungi google cendikia.

Tips mencari Jurnal Ilmiah Biologi gratis:

Tentukan keyword atau kata kunci

Sebelumnya kita tadi sudah mendapatkan tema yang akan kita cari. Sekarang yang perlu kita lakukan adalah mencari kata kunci yang tepat dan mewakili jurnal yang kita cari, misalkan kita ingin mencari jurnal tentang pembuatan tempe alternatif selain menggunakan kacang kedelai, maka kata kuncinya bisa berupa ‘alternatif pembuatan tenpe’, ‘alternatif pengganti kacang kedelai pada proses pembuatan tempe’ dan lain-lain. Kumpulkanlah keyword sebanyak-banyaknya karena terkadang banyak keyword yangn kita ketikan tetapi tidak menghasilkan.

Cobalah berulang-ulang

Jika kita beruntung maka ketika kita mengetikan kata kunci atau keyword tentang jurnal ilmiah biologi yang kita cari maka jurnal tersebut akan langsung kita dapatkan. Akan tetapi sangat jarang sekali keberuntungan tersebut terjadi, oleh karena itu jangan pernah bosan untuk beberapakali mencoba. Caranya adalah dengan memulai dari kata kunci yang umum terlebih dahulu kemudia dilanjutkan dengan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya pada awal pencarian kita hanya mengetikan ‘pembuatana tempe’ kemudian jika kita tidak mendapatkan apa yang kita cari maka kita bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik misalnya ‘alternatif pembuatan tempe’.

Tambahkan kata ‘filetype’

File yang berisi jurnah ilmiah biasanya berbentuk PDF, tidak terkecuali jurnal ilmiah biologi. Oleh karena itu kita bisa mempermudah hasil pencarian kita dengan menambahkan kata ‘filetype’ kemudian ‘:’ dan diikuti dengan kata kunci yang kita cari. Contohnya: pembuatan tempe filetype:pdf

Dengan menggunakan tips tersebut maka hasil pencarian yang kita lakukan akan menghasilkan sumber dengan bentuk file pdf semua. Biasanya ketika kita mengklik link tersebut maka kita langsung mendownload filenya. Oya filetype juga bisa digunakan juga untuk mencari berbagai jenis file lainnya, misalnya doc, ppt, txt dan lain-lain. Contoh cara penggunaanya: filetype:ppt

Terjemahkan kedalam Bahasa Inggris

Setelah menggunakan tips diatas namun belum mendapatkan hasil juga? Mungkin hal itu terjadi karena memang jurnal ilmiah biologi yang anda cari tidak ada dalam bentuk bahasa Indonesia. Oleh karena itu kita harus menggunakan bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa yang global, dengan begitu jurnal-jurnal juga banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

Sekian untuk cara dan tips mencari jurnal ilimiah biologi gratis.
0 Komentar untuk "Cara Mencari Jurnal Ilmiah Biologi Gratis"
Back To Top -->