Cara Mencari Jurnal Ilmiah Biologi


Jurnal Ilmiah merupakan suata hasil karya tulis ilmiah yang dipublikasikan, isi dari jurnal ilmiah tersebut adalah hasil dari penelitian atau hasil analisis dari berbagai teori. Jurnal Ilmiah bisa kita dapatkan dengan mengetik kata kunci yang kita butuhkan pada mesin pencari, google contohnya. Namun cara ini terkadang tidak berhasil karena kita tidak mendapatkan jurnal yang kita cari atau jurnal yang kita dapatkan telah kadar luarsa (sudah terlalu lama, biasanya lebih dari 10 tahun dari sekarang).

Oleh Karena itu saya akan memberikan beberapa tips agar jurnal yang anda inginkan bisa anda dapatkan. Untuk lebih mudah, kita menggunakan Google Scholar atau Google cendikia yang beralamat: scholar.google.com
jurnal ilmiah biologi

Tips mencari Jurnal Ilmiah Biologi:

Tentukan dulu tema jurnal ilmiah biologi yang anda cari

Misalnya jika kita ingin mencari jurnal yang berkaitan dengan bidang bioteknologi. Dengan kita tahu tema jurnal yang kita ketahui maka kita akan lebih fokus dalam pencarian, dengan begitu waktu yang akan kita pergunakan akan menjadi lebih efisien.

Tentukan keyword atau kata kunci

Sebelumnya kita tadi sudah mendapatkan tema yang akan kita cari. Sekarang yang perlu kita lakukan adalah mencari kata kunci yang tepat dan mewakili jurnal yang kita cari, misalkan kita ingin mencari jurnal tentang pembuatan tempe alternatif selain menggunakan kacang kedelai, maka kata kuncinya bisa berupa ‘alternatif pembuatan tenpe’, ‘alternatif pengganti kacang kedelai pada proses pembuatan tempe’ dan lain-lain. Kumpulkanlah keyword sebanyak-banyaknya karena terkadang banyak keyword yangn kita ketikan tetapi tidak menghasilkan.

Trial and error

Jika kita beruntung maka ketika kita mengetikan kata kunci atau keyword tentang jurnal ilmiah biologi yang kita cari maka jurnal tersebut akan langsung kita dapatkan. Akan tetapi sangat jarang sekali keberuntungan tersebut terjadi, oleh karena itu jangan pernah bosan untuk beberapakali mencoba. Caranya adalah dengan memulai dari kata kunci yang umum terlebih dahulu kemudia dilanjutkan dengan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya pada awal pencarian kita hanya mengetikan ‘pembuatana tempe’ kemudian jika kita tidak mendapatkan apa yang kita cari maka kita bisa menggunakan kata kunci yang lebih spesifik misalnya ‘alternatif pembuatan tempe’.

Tambahkan filetype

File yang berisi jurnah ilmiah biasanya berbentuk PDF, tidak terkecuali jurnal ilmiah biologi. Oleh karena itu kita bisa mempermudah hasil pencarian kita dengan menambahkan kata ‘filetype’ kemudian ‘:’ dan diikuti dengan kata kunci yang kita cari. Contohnya: pembuatan tempe filetype:pdf

Dengan menggunakan tips tersebut maka hasil pencarian yang kita lakukan akan menghasilkan sumber dengan bentuk file pdf semua. Biasanya ketika kita mengklik link tersebut maka kita langsung mendownload filenya. Oya filetype juga bisa digunakan juga untuk mencari berbagai jenis file lainnya, misalnya doc, ppt, txt dan lain-lain. Contoh cara penggunaanya: filetype:ppt

Gunakan Bahasa Inggris

Setelah menggunakan tips diatas namun belum mendapatkan hasil juga? Mungkin hal itu terjadi karena memang jurnal ilmiah biologi yang anda cari tidak ada dalam bentuk bahasa Indonesia. Oleh karena itu kita harus menggunakan bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa yang global, dengan begitu jurnal-jurnal juga banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

Jika anda merasa skill bahasa inggris anda masih kurang maka anda tidak perlu berkecil hati karena anda bisa menggunakan kamus atau google translate.

Sekian untuk cara dan tips mencari jurnal ilmiah biologi, jika ada yang ingin ditanyakan anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini. Sekian Terimakasih.

0 comments: