Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Model Sel Tumbuhan


Sel tumbuhan adalah sel yang ditemukan pada tumbuhan. Berikut ini adalah model sel tumbuhan untuk anak-anak yang akan memberikan anak Anda gambaran dan pemahaman yang lebih baik berbagai bagiannya.

model sel tumbuhan


Sel-sel adalah unit dasar kehidupan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi menopang kehidupan di kedua hewan dan dunia tumbuhan. Sel tumbuhan adalah sel eukariotik memiliki dinding sel yang tebal dan kaku. Sel eukariotik adalah sel yang mengandung struktur kompleks tertutup dalam membran disebut nukleus atau inti amplop, di mana materi genetik hadir. Sel-sel yang hadir di hampir semua organisme hidup termasuk hewan, tumbuhan dan jamur.


Model Sel Tumbuhan dan Bagian-bagiannya

Sel tumbuhan berbeda dari sel-sel hewan dalam bahwa mereka memiliki tiga struktur yang berbeda yang dikenal sebagai dinding sel, vakuola dan plastida. Namun, mereka tidak memiliki sentriol dan filamen perantara yang hadir pada sel hewan.

Membran sel: Ini memungkinkan bahan limbah untuk keluar sel dan mengatur pergerakan material di dalam dan keluar dari sel. Hal ini juga bertindak sebagai penghalang antara bagian dalam sel dan luar, sehingga kondisi kimia di kedua sisi bisa berbeda.

Dinding sel

Dinding sel menyediakan dukungan struktural kaku untuk sel dari mana struktur, seperti, daun dan batang diproduksi. Hal ini memungkinkan sirkulasi dan distribusi air, mineral dan nutrisi di dalam dan di luar sel. Dinding juga mengontrol kehadiran mikroba patogen dan pengembangan jaringan dalam sel.

Badan Golgi

Badan Golgi bisa diibaratkan toko, paket, dan beredar lipid dan protein yang dibuat dalam retikulum endoplasma. Ini menyimpan protein ke dalam paket yang disebut vesikel.

Retikulum endoplasma kasar

Retikulum endoplasma kasar berfungsi mensintesis dan ekspor protein dan glikoprotein seluruh sel.

Lisosom

Organel ini mencerna makanan dengan memecah molekul besar menjadi lebih kecil, menggunakan protein khusus.

Sitoplasma

Sitoplasma membantu dalam mempertahankan bentuk sel. Seiring dengan ini, memainkan peran penting dalam gerakan internal organel sel, mobilitas sel dan serat otot kontraksi. Hal ini juga mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke berbagai bagian sel.

Nucleolus

Nucleolus adalah struktur yang paling menonjol dalam inti dimana ribosom dibuat.

Vakuola

Sel tumbuhan mengandung besar, satu vakuola (sebuah kompartemen tertutup) yang digunakan untuk menyimpan air, senyawa dan mineral yang membantu dalam pertumbuhan tumbuhan.

Ribosom

Ribosom adalah paket RNA (asam ribonukleat) dan disebut pembangun protein atau synthesizer sel.

Kloroplas

Mereka adalah produsen makanan dari sel, mengandung klorofil, pigmen hijau yang penting untuk fotosintesis. Fungsi utama mereka adalah untuk menghasilkan gula dan pati.

Inti sel 

Inti sel adalah bagian terpenting dari sel, terdiri dari kromosom, yaitu struktur yang terdiri dari informasi genetik yang membantu dalam pertumbuhan sel dan reproduksi.

Membran inti

Membran inti sebuah kandang yang mengelilingi inti dan isinya. Tidak seperti membran sel yang memiliki pori-pori dan ruang untuk RNA dan protein untuk melewati, itu membuat kromatin dan nucleolus dalam nukleus.

Retikulum endoplasma halus

Fungsi utama organel ini adalah paket protein untuk transportasi, mensintesis phosolipids membran, dan mengeluarkan kalsium. Hal ini juga melakukan transformasi pigmen empedu, glikogenolisis (pemecahan glikogen), dan detoksifikasi obat yang berbeda dan agen kimia.

Mitokondria

Mitokondria menyediakan energi untuk sel dengan menggabungkan molekul gula dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air.

Amylosplast

Amylosplast adalah organel hadir dalam beberapa sel tumbuhan yang menyimpan pati.
Druze Crystal: Ini adalah jenis granular kristal ditemukan di vakuola tumbuhan  Hal ini terdiri dari kalsium oksalat dan dianggap menghalangi herbivora.

Sentrosom

Juga dikenal sebagai mikrotubulus Pengorganisasian Pusat, itu adalah wilayah di mana sel mikrotubulus diproduksi yang melakukan berbagai fungsi mulai dari transportasi ke dukungan struktural. Meskipun kedua tumbuhan dan centrosomes sel hewan memainkan peran yang sama selama pembelahan sel, centrosomes sel tumbuhan yang sederhana dan tidak mengandung sentriol.

Peroksisom

Peroksisom adalah membran paket terikat enzim oksidatif yang mengubah asam lemak menjadi gula dan membantu kloroplas foto-respirasi.

Golgi Vesikel

Golgi Vesikel vesikel protein dan lipid mentransfer ke berbagai bagian sel.

Cara Membuat Model tumbuhan

Menghitung dan mengumpulkan semua bahan yang mungkin diperlukan untuk model dan melihat keluar untuk bagian-bagian sel yang berbeda dalam buku pelajaran biologi.

Gunakan dasar kayu kokoh berat untuk membangun dasar model sehingga dapat menahan berat dan memfasilitasi penyajian model.

Membangun inti sel dan memastikan bahwa itu berbentuk bulat. Cat inti dalam satu warna sehingga dapat diidentifikasi sebagai bagian sel yang berbeda.

Dengan bantuan dari batang dowel atau tebal, tongkat lurus, menghubungkan nukleus ke dasar model. Untuk ini, lubang bor ke dasar kayu, tongkat batang dowel ke dalam lubang dan menghubungkan nukleus ke batang.

Dinding sel dan membran sel dari sel tumbuhan harus berbentuk persegi panjang. Dinding luar adalah dinding sel yang harus terbuat dari bahan yang kuat seperti plastik keras atau kayu dan membran sel dapat terbuat dari plastik atau plastik tipis. Sekarang melampirkan kedua dinding ke inti dan model dasar.

Menambahkan berbagai komponen penting lainnya dari sel tumbuhan model. Seperti, untuk klorofil, menggunakan sepotong kain hijau yang diisi dengan kapas. Jahit dan pasangkan ke model.

Tahapan terakhir adalah menyiapkan laporan pada berbagai bagian dan fungsi yang sesuai mereka.

Saya yakin informasi di atas pasti akan membantu tangan-peserta didik untuk memahami dan mengerti apa yang membuat sebuah sel tumbuhan dan fungsi yang berbeda dilakukan oleh organel sel nya.
Tag : sel tumbuhan
0 Komentar untuk "Model Sel Tumbuhan"
Back To Top -->