Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Cara Membuat Model Sel Tumbuhan


Membuat model sel tumbuhan sangat mudah dan menyenangkan untuk membuat model sel tanaman, asalkan Anda memiliki semua bagian berlabel dan siap. Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat membuat sel tanaman dimakan juga? Ya Anda bisa membuat model sel tumbuhan dengan menggunakan kue sebagai bahan penyusunnya.

membuat model sel tumbuhan


Dalam rangka untuk membuat model sel tanaman, Anda terlebih dahulu harus memahami tujuan dan fungsi dasar sel tanaman. Semua bagian dari sel tumbuhan saling terkait dan penting untuk melaksanakan proses biokimia yang membantu dalam pertumbuhan yang sehat dari tanaman. Ini terdiri dari dinding sel dan membran sel yang melestarikan semua organel di dalamnya.


Dinding sel

Dinding sel seperti namanya adalah dinding yang menutupi membran sel dan memegang semua komponen lain dari sel dalam batas-batasnya, seperti ribosom, nukleus, membran nuklir, vakuola, sitoplasma dan mitokondria.

Kloroplas

Kloroplas adalah sumber makanan dari tanaman karena mengandung klorofil, pigmen hijau yang menyebabkan fotosintesis dengan menjebak sinar matahari dan energi. Sebelum Anda mulai, melakukan penelitian dengan melihat artikel kami pada berlabel diagram sel dan fungsi dari sini, sehingga membuat diri Anda terbiasa dengan struktur dan penempatan bagian.

Cara Membuat Model Sel Tumbuhan mudah

Ini adalah salah satu cara yang paling menarik untuk membuat proyek sains dengan membuat model sel tanaman yang Anda dapat makan! Jika Anda adalah orang tua atau guru ingin membuat anak-anak belajar dan menikmati biologi maka ini adalah pasti cara yang tepat. Cinta anak-anak kelas belajar praktis, di mana mereka dapat melihat dan memvisualisasikan apa yang mereka sedang diajarkan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti saat membuat model ini. Kami juga menyebutkan bahan khusus yang Anda perlukan untuk membuat dimakan tanaman memperlakukan ponsel Anda.


Cara Membuat Bagian-bagian dari Sel Tumbuhan

Mintalah bantuan teman atau orang tua Anda untuk memanggang kue berbentuk persegi dan cupcake. Hal ini dapat setiap kue selama Anda menikmati rasanya. Setelah kue dipanggang, biarkan mereka dingin.

Dinding sel 

Tutup sisi kue berbentuk persegi dengan wafer atau biskuit atau roti panggang. Pastikan bahwa ketinggian masing-masing bagian adalah sedikit lebih dari itu kue sehingga terlihat seperti dinding di sekitar kue Anda.

Sitoplasma dan membran sel

Siapkan frosting berwarna hijau muda dan menyebarkannya ke permukaan atas kue. Menutupi permukaan seluruhnya. Siapkan frosting hijau tua dan pipa sepanjang batas kue. Ini perbatasan persegi frosting hijau tua menjadi membran sel Anda dan frosting hijau muda adalah sitoplasma Anda.

Kloroplas 

Tempat 3-4 jelly beans hijau merata sitoplasma untuk menunjukkan kloroplas.

Vakuola 

Ambil marshmallow putih besar dan memotong sepotong melingkar menyerupai vakuola besar. Tempatkan irisan ini di salah satu sudut sitoplasma kue. Jika Anda tidak memiliki marshmallow besar, mengatur marshmallow kecil putih dalam lingkaran.

Inti sel

Frost cupcake seluruhnya menggunakan cokelat frosting dan tempatkan pada kue sebagai inti sel.
Mitokondria Tempatkan beberapa iris buah permen jeruk atau jeruk nipis merata pada kue untuk mewakili mitokondria.

Retikulum endoplasma dan Golgi 

Gunakan gula sabuk permen dilapisi warna yang berbeda untuk organel tersebut. Tempatkan beberapa sabuk permen melekat pada inti menyerupai ER. Tempatkan sabuk permen warna yang berbeda ke dalam sitoplasma untuk menunjukkan aparat Golgi.

Ribosom 

Anda dapat melampirkan kecil kuning atau oranye bola gula ke permen sabuk ER dan menyebar ke beberapa sitoplasma krim untuk menunjukkan ribosom.

Tusuk gigi dan Nama Flags sel tanaman dimakan Anda hampir selesai, semua yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menandai bagian-bagian sel dengan tusuk gigi. Membuat bendera kecil dan menulis nama-nama organel dan lem mereka ke kepala tusuk gigi.

Membuat Plant Cell Menggunakan Kotak Sepatu

Anda dapat membuat model yang lebih sederhana dengan mengambil barang-barang rumah tangga yang sederhana untuk mewakili bagian yang berbeda. Ini jauh lebih mudah untuk membuat, semua yang Anda butuhkan adalah sebuah kotak kardus, kapas dan beberapa benang.

Cara Membuat bagian-bagian sel tumbuhan

Ambil kotak sepatu dan warna hijau itu atau hanya menutupinya dengan kertas hijau (dari dalam dan luar).

Dinding sel: sisi kotak itu sendiri menyerupai dinding sel.

Membran sel: Ambil beberapa tanah liat hijau gelap dan gulung menjadi tali panjang. Tempatkan pada dasar kotak di sepanjang jahitan dan mempersiapkan batas.

Sitoplasma: Isi ruang dalam batas ini dengan kapas untuk menunjukkan sitoplasma.

Kloroplas: Menggunakan tanah liat hijau, model yang keluar cakram oval datar dan melampirkan manik-manik hijau atau tombol di atasnya. Tempatkan kloroplas liat merata di dasar kapas.

Vakuola: Gulung bola kapas seukuran telur dan semprot dengan beberapa cat kuning muda. Tempatkan di salah satu sudut dasar tetapi dalam membran sel tanah liat.

Inti sel: Ambil beberapa surat kabar atau kertas biasa, celupkan ke dalam air dan roll itu erat menjadi bola. Biarkan kering. Sekarang, cat hitam dan memungkinkan cat kering. Tempatkan bola ini dalam kotak sebagai inti sel Anda.

Mitokondria: Model out bola berbentuk oval 3-4 menggunakan kuning atau oranye tanah liat dan menempatkan mereka di seluruh sitoplasma kapas menyerupai mitokondria.

Retikulum endoplasma dan golgi: Gunakan beberapa benang hitam tebal dan tempatkan melekat pada inti untuk menandakan ER dan menempatkan beberapa dalam sitoplasma kapas untuk menunjukkan aparat Golgi.

Ribosom: Anda dapat menambahkan bola tanah liat kuning kecil ke UGD dan ke sitoplasma kapas untuk menunjukkan ribosom.

Tusuk gigi dan bendera nama label ponsel Anda menggunakan tusuk gigi dan bendera nama.

Belajar membuat model sel tanaman adalah cara terbaik untuk belajar dan menikmati biologi serta tampil baik dalam ilmu proyek yang adil sekolah. Mudah-mudahan, metode tersebut akan membantu Anda ketika saatnya bagi Anda untuk membuat satu untuk tugas kelas Anda. Adapun guru, mereka mungkin menggunakan ini untuk menunjukkan kelas bagaimana struktur tanaman terlihat dan bagaimana cara membuat mereka di rumah.
Tag : sel tumbuhan
0 Komentar untuk "Cara Membuat Model Sel Tumbuhan"
Back To Top -->