Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Rumus Respirasi Seluler


Respirasi sel adalah proses fundamental yang menopang kehidupan pada tingkat sel. Jika Anda sedang mencari formula reaksi yang merangkum seluruh proses, artikel ini pasti akan membantu Anda.

Respirasi selular adalah salah satu proses yang paling mendasar yang tanpanya kehidupan di Bumi tidak akan mungkin terjadi. Energi yang setiap organisme membutuhkan untuk bertahan hidup diperoleh melalui proses ini pada tingkat sel.


Apa itu Respirasi selular?


Proses ini adalah satu set gabungan reaksi metabolik yang terjadi di setiap sel, yang mengubah energi biokimia yang berasal dari makanan menjadi mata uang energi tubuh, yaitu ATP (Adenosine Triphosphate) molekul, bersama dengan rilis dari produk limbah.

Nutrisi yang berasal dari makanan seperti glukosa, adalah bahan baku dari respirasi selular. Karbohidrat atau gula seperti glukosa diproses pada tingkat sel untuk membuat energi untuk menyimpan molekul ATP. Ketika molekul ATP bisa dikonversi ke ADP (Adenosin difosfat), melepaskan energi. Semua fungsi tubuh dimungkinkan karena konversi molekul ATP. Oleh karena itu, mereka disebut sebagai mata uang energi tubuh. Untuk meringkas, respirasi pada tingkat sel adalah kumpulan semua proses metabolisme, bahwa karbohidrat rincian untuk menciptakan Adenosine Triphosphate (ATP) molekul.

Rumus Untuk Respirasi Seluler


Kisah respirasi adalah semua tentang bagaimana sel memperoleh molekul ATP. Setiap proses biologis atau metabolisme sangat rumit dan melibatkan banyak reaktan dan produk. Bahkan, semua proses biologi menyerupai lini perakitan industri sebagai setiap satu dari mereka adalah rantai terhubung siklus yang lebih kecil.

Rumus yang disajikan disederhanakan dalam arti bahwa kita hanya berbicara tentang apa adalah bahan baku atau reaktan untuk proses pernafasan seluler dan apa produk. Kami tidak masuk ke rincian yang mendalam dari proses itu sendiri. Berikut adalah rumus respirasi seluler yang merangkum seluruh proses singkatnya:

C6H12O6 + 6O2 -> 6CO2 + 6H2O + Energi (36 atau 38 ATP molekul)

Dalam proses ini reaktan adalah glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2), sedangkan produk adalah karbon dioksida (CO2) dan energi dalam bentuk 36 atau 38 ATP molekul. Panah kecil di antara adalah pengganti banyak reaksi kompleks yang terjadi pada tingkat sel. Namun, saya akan meringkas apa yang terjadi dengan reaktan utama dalam rumus di atas dan memberikan garis telanjang.

Ada tiga langkah yang respirasi sel aerobik terjadi pada sel:

Glikolisis

Proses glikolisis terjadi dalam sitosol sel. Produk dari glikolisis adalah 3 molekul piruvat, 2 ATP dan 2 NADH (nicotinamide adenine dinucleotide) molekul.

Krebs Cycle

Berikutnya adalah Krebs atau siklus asam sitrat, yang terjadi dalam mitokondria selular. Dalam proses ini, molekul piruvat ditindaklanjuti dan ATP molekul dilepaskan

Transport Elektron

Ini adalah tahap terakhir dari respirasi, di mana jumlah maksimum molekul ATP diciptakan.
Semua proses metabolisme beroperasi melalui enzim sedemikian rupa, bahwa energi yang tersimpan dalam molekul glukosa dilepaskan secara bertahap dan ATP diproses.

Oksidasi adalah penghapusan elektron, sedangkan reduksi memperoleh elektron. Dalam seluruh proses respirasi selular, apa yang perlu Anda ingat adalah bahwa glukosa teroksidasi sementara oksigen akan berkurang. Glukosa adalah molekul energi tinggi, sementara karbon dioksida dan air adalah molekul molekul energi yang relatif rendah. Melalui proses ini, energi dilepaskan, yang digunakan untuk mensintesis molekul ATP. The 36 atau 38 ATP molekul yang dihasilkan merupakan sekitar 39% dari energi yang terkandung dalam molekul glukosa. Jadi, kita bisa mengatakan bahwa efisiensi proses respirasi selular adalah 39%. Dengan demikian proses respirasi terjadi di setiap sel tubuh manusia, menyediakan energi untuk semua fungsi metabolisme.

Demikian tentang rumus respirasi seluler.
0 Komentar untuk "Rumus Respirasi Seluler"
Back To Top