Hubungan Respirasi Seluler dan Fotosintesis

Fotosintesis dan respirasi seluler adalah dua reaksi biokimia yang memiliki peran penting untuk bermain ketika datang ke kehidupan di planet bumi. Sementara fotosintesis adalah proses dimana tanaman menyerap energi langsung dari matahari untuk menyiapkan makanan mereka sendiri, respirasi seluler mengacu pada proses dimana energi yang disimpan dalam tanaman dalam bentuk glukosa digunakan oleh organisme untuk kelangsungan hidup mereka sendiri. Aturan dasar bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dihancurkan, tetapi hanya dapat ditransfer dari satu bentuk ke bentuk lainnya berlaku untuk salah satu dari reaksi biokimia.

Dengan mengetahui bagaimana fotosintesis berhubungan dengan respirasi selular akan membantu Anda memahami mengapa kedua reaksi biokimia yang penting untuk bertahan hidup di atas Bumi. Lanjutkan membaca untuk informasi lebih lanjut tentang fotosintesis dan respirasi seluler, dengan penekanan khusus pada hubungan antara keduanya.

Fotosintesis dan Respirasi Seluler


Sementara tanaman dan hewan baik resor untuk respirasi, fotosintesis hanya terbatas pada tanaman hijau dan organisme lainnya. Ini - Namun, tidak berarti bahwa yang terakhir hanya berguna untuk tanaman dan organisme lain yang secara langsung terlibat. Kedua proses ini penting bagi semua lifeforms di planet ini - baik secara langsung maupun tidak langsung, karena mereka berhubungan satu sama lain. Dalam rangka untuk memahami bagaimana fotosintesis berhubungan dengan respirasi sel, kita harus mendapatkan yang pandai dengan dasar-dasar masing-masing.

Fotosintesis

Fotosintesis adalah suatu proses dimana sintesis gula (glukosa) yang dilakukan dengan menggunakan sinar matahari (yang bertindak sebagai energi radiasi), karbon dioksida dan air. Sederhananya, fotosintesis adalah sebuah proses kimia di mana tanaman, alga serta beberapa spesies bakteri menghasilkan makanan sendiri dengan menggunakan sinar matahari, karbon dioksida dan air. Persamaan kimia untuk fotosintesis 6CO2 + 6H2O + energi cahaya → C6H12O6 + 6O2, karbon dioksida dimana (CO2), air (H2O) dan sinar matahari adalah reaktan dan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2) adalah produk fotosintesis.

Respirasi selular

Dalam proses respirasi sel, energi biokimia yang berasal dari nutrisi diubah menjadi adenosin trifosfat (ATP), yang diperlukan untuk organisme ini untuk memfasilitasi fungsi kehidupan berbagai. Sederhananya, respirasi selular adalah proses metabolisme dimana ikatan kimia glukosa yang berasal dari makanan yang diubah menjadi energi yang digunakan oleh beberapa organisme - termasuk kita manusia, untuk berbagai proses kehidupan. Persamaan kimia untuk respirasi selular adalah C6H12O6 + 6O2 → 6CO2 + 6H2O + Energi dirilis (2.830 kJ mol-1), dimana glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2) adalah reaktan, sedangkan karbon dioksida (CO2), air (H2O) dan energi adalah produk.

Bagaimana Fotosintesis dan Respirasi Seluler Terkait?


Dalam informasi dari masing-masing dua proses, Anda harus menyadari bahwa produk dari satu proses merupakan reaktan lain - dan sebaliknya. Glukosa dan oksigen (meskipun produk-bi) - yang kebetulan menjadi produk fotosintesis, diperlukan untuk memfasilitasi respirasi sel, sedangkan karbon dioksida - yang merupakan produk-bi dari respirasi seluler, diperlukan untuk memfasilitasi proses fotosintesis. Ini kenyataan membentuk dasar dari hubungan antara respirasi sel dan fotosintesis. Dengan kata lain, tanaman dan lifeforms lain yang resor untuk fotosintesis tergantung pada organisme yang resor untuk respirasi selular untuk karbon dioksida, dan semua organisme ini - pada gilirannya, tergantung pada glukosa yang mereka berasal dari tanaman untuk kebutuhan energi mereka. Fakta bahwa resor baik untuk ketika 'transpor elektron rantai' datang ke pergerakan elektron mungkin salah satu kesamaan yang paling menonjol antara fotosintesis dan respirasi seluler.

Hubungan respirasi fotosintesis-selular juga menjelaskan mengapa keduanya diperlukan untuk keberadaan kehidupan di planet ini. Untuk meringkas hubungan keseluruhan, energi radiasi dari matahari digunakan untuk menghasilkan glukosa selama fotosintesis, dan glukosa yang sama pada akhirnya digunakan untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan dalam proses respirasi selular.

Sekian tentang hubungan respirasi seluler dan fotosintesis

0 comments: