Pengertian Sel


Apa Itu Sel?

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun Mahluk Hidup. Definisi atau pengertian sel tadi agak sukar untuk dipahami. Agar lebih mudah, pengertian sel dapat kita sederhanakan menjadi satuan terkecil penyusun Mahluk Hidup.
Sel adalah satuan terkecil penyusun Mahluk Hidup.
Tubuh manusia terdiri dari beribu-ribu atau bahkan berjuta-juta sel, begitu pula dengan tumbuhan dan hewan. 

Lantas.. 

Seperti apa sih bentuk sel? Kamu bisa melihat ilustrasi gambar sel hewan dan tumbuhan dibawah.



Ilustrasi sel hewan dan sel tumbuhan dalam gambar 2D
Ilustrasi Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Menurut Campbell di bukunya yang berjudul Biologi jilid 1 (edisi ke delapan). Sel berasal dari kata cella ” (Yunani) yang berarti ruangan berukuran kecil. 

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, karena itulah sel dapat berfungsi atau bahkan hidup sendiri asalkan kebutuhannya terpenuhi.

Bahkan..

Semua seel yang ada sekarang berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya. Mungkin kamu pernah dengar kalimat "omnis cellula e cellula"

Kalimat itu berarti semua sel berasal dari sel.

Semua sel berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya

Organisme Multiseluler dan Uniseluler

Organisme (Mahluk Hidup) yang terdiri dari banyak sel disebut Multiseluler, contohnya adalah Manusia, Hewan dan Tumbuhan. 

Sedangkan Organisme yang hanya memiliki satu sel saja disebut Uniseluler, contohnya adalah bakteri dan ganggang. Inilah contoh makhluk hidup yang bisa hidup walau hanya memiliki satu sel.

Perbedaan organisme multiseluler dan organesme uniseluler selain dari jumlah sel penyusun tubuhnya adalah ukuran tubuhnya. 

Organisme multiseluler memiliki ukuran besar dan dapat dilihat oleh mata tanpa menggunakan alat bantu. Sedangkan Organisme Uniseluler biasanya berukuran Mikroskopis dan harus menggunakan Mikroskop untuk melihatnya.


Apakah Virus Mempunyai Sel?

gambar struktur virus (virus tidak mempunyai sel)
Gambar struktur virus

Jawabannya tentu tidak, karena virus adalah aseluler. A artinya tidak, jadi aseluler berarti tidak memiliki sel, hal ini lah yang menyebabkan banyak para ahli yang berpendapat bahwa virus bukan makhluk hidup. 

Tapi, banyak juga ahli yang mengatakan bahwa virus adalah makhluk hidup karena ternyata virus dapat berkembang biak (reproduksi)..

Lantas bagaimanakah cara virus berkembang biak? 

Pada dasarnya Virus tidak bisa bereproduksi sendiri karena tidak mempunyai sel. Bahkan! Virus tidak bisa hidup karena tidak punya sel. Tapi, virus bisa berkembang biak atau memperbanyak diri ketika berada di dalam sel inangnya.

Kondisi virus tanpa sel inang sering disebut fase pasif atau beku (kristal).

Sel Prokariotik dan Eukariotik

Pro artinya sebelum, eu artinya sudah dan karion artinya inti sel. Dari arti katanya saja sudah tahu kan bedanya prokariotik dan eukariotik?

Oke, lebih jelasnya silahkan lanjut membaca!

Berdasarkan ada tidaknya membran inti, sel dibagi menjadi dua jenis, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotk.  

Sel prokariotik adalah tipe sel yang tidak memiliki membran inti sehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organel yang dibatasi oleh sistem membran. 

Sedangkan Sel eukariotik adalah tipe sel yang memiliki membran inti, sehingga organel terpisah bagian-bagian inti sel. 

Untuk pembahas lebih luas tentang pengertian sel prokariotik dan eukariotik bisa dilihat pada link yang ada dibawah ini: 

Pengertian sel eukariotik dan prokariotik 

Struktur Sel

Secara umum, struktur atau bagian sel dapat dibagi menjadi 3:
  1. Nukleus atau inti sel yang berfungsi sebagai pusat pengendalian
  2. Membran sel yang berfungsi untuk menyeleksi zat yang keluar masuk sel
  3. Sitoplasma yaitu cairan sel yang di dalamnya terdapat organel-organel (ribosom, retukul endoplasma, vakuola, mitokondria dll)

Untuk pembahasan lebih rinci tentang struktur sel silakan klik link dibawah:
Struktur sel hewan dan sel tumbuhan

Terimakasih, semoga bermanfaat.




Posting Komentar