Sumber materi biologi tentang sel, sel tumbuhan, sel hewan, fungsi sel, struktur sel, perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

Biologi Molekuler

Apa itu Biologi Molekuler? 

biologi molekuler DNA

Biologi Molekuler adalah cabang dari ilmu biologi yang memfokuskan kajiannya dalam bidang makromolek, lipid, protein dan komponen molekul lain dari sel.

Untuk mempelajari tentang makromolekul, lipid, protein dan komponen molekul lain dari sel mari kita kenali beberapa istilah penting yang akan menjadi objek pembahasan pada Biologi Molekuler.



Berikut adalah istilah-istilah yang sering digunakan pada Biologi Molekuler:

RNA

rna (ribonucleic acid)
Molekul RNA adalah asam nukleat yang unik yang penting untuk sintesis protein. Tiga kelas utama molekul RNA adalah RNA, RNA transfer dan RNA ribosom.


Polimer

polimer
Polimer adalah molekul besar atau makromolekul terdiri dari banyak molekul kecil yang sama terkait bersama-sama. Molekul-molekul yang lebih kecil individu disebut monomer.


Difusi, Transportasi Pasif, dan Osmosis

difusi dan osmosis
Difusi adalah kecenderungan molekul untuk menyebar ke ruang yang tersedia. Tanpa kekuatan luar lain di tempat kerja, zat akan bergerak / berdifusi dari lingkungan yang berkonsentrasi tinggi ke lingkungan yang berkonsentrasi lebih rendah.


Protein

Protein adalah molekul yang sangat penting dalam sel. Mereka memiliki fungsi beragam dan semua biasanya dibangun dari satu set 20 asam amino.


Fungsi Protein

Protein adalah molekul yang sangat penting dalam sel kita. Setiap protein dalam tubuh memiliki fungsi yang spesifik. Protein juga berfungsi untuk membentuk tubuh.


Asam nukleat

Asam nukleat memungkinkan organisme untuk mentransfer informasi genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya.


Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu dari empat kelas utama senyawa organik dalam sel hidup. Karbohidrat istilah yang digunakan ketika mengacu pada sakarida atau gula dan turunannya.


Lipid

Lipid sangat beragam baik dalam struktur dan fungsi masing-masing. Contoh lipid termasuk lemak, fosfolipid, steroid dan malam.


Fosfolipid

Fosfolipid milik keluarga lipid polimer biologis. Sebuah fosfolipid terdiri dari dua asam lemak, unit gliserol, gugus fosfat dan molekul polar.


Karbon Monoksida

Informasi dan sumber daya yang berkaitan dengan efek dari karbon monoksida dan keracunan karbon monoksida.


Antibodi

Antibodi adalah protein khusus yang membela terhadap zat-zat asing dalam tubuh. Mereka diproduksi oleh sel-sel darah putih yang dikenal sebagai sel B yang berkembang dari sel-sel induk sumsum tulang.

Sekian untung posting hari ini tentang Biologi Molekuler

Tag : DNA, RNA, sel
Back To Top -->